SISTEM 12 TET (20 nada per oktaf) PAKAI FAKTOR PERKALIAN 3 ATAUKAH FAKTOR 2 DALAM MENENTUKAN FREKWENSI NADA DI OKTAF BERIKUTNYA, ATAU ADAKAH FAKTOR PERKALIAN ANGKA LAINNYA
SISTEM 12 TET (20 nada per oktaf) PAKAI FAKTOR PERKALIAN 3 ATAUKAH FAKTOR 2 DALAM MENENTUKAN FREKWENSI NADA DI OKTAF BERIKUTNYA, ATAU ADAKAH FAKTOR PERKALIAN ANGKA LAINNYA
Berapa nilai dari 2 pangkat 1,66666666666666666666666666666666666666666666666
Nilainya adalah sekitar 3.1748.
Nah , pada sistem 12 TET angka 3,1748 ini adalah langkah pencarian frekwensi nada di oktaf berikutnya dari oktaf awal (oktaf sebelumnya), dengan rumus fn = fo × 3,1748, dimana fn adalah frekwensi nada di oktaf yang dicari, fo adalah frekwensi nada di oktaf sebelumnya, misalnya bila frekwensi nada A4 = 440 Hz pada sistem 12 TET maka frekwensi nada A5 = 440 × 3,1748 = 1.396,91 Hz. Apakah rumus pencarian frekwensi oktaf nada ini benar atau salah untuk sistem 12 TET, sebab pada sisrem 12 TET sebuah nada membutuhkan langkah sebanyak 20 langkah agar mencapai oktaf berikutnya.
Pada sistem 12-tone equal temperament (12-TET), cara untuk mencapai oktaf berikutnya bukanlah dengan faktor 3.1748 , melainkan dengan faktor 2 .
Berikut adalah penjelasannya:
Prinsip Sistem 12-TET
Dalam sistem 12-TET, setiap nada dalam satu oktaf dipisahkan oleh langkah yang sama dalam frekuensi. Faktor perubahan frekuensi untuk setiap nada adalah akar ke-12 dari 2, yaitu sekitar . Jadi, untuk naik satu nada (misalnya dari C ke C#), frekuensinya dikalikan dengan . Untuk mencapai oktaf berikutnya, kita naik sebanyak 12 langkah, sehingga totalnya:
2^{12/12} = 2
Rumus Frekuensi untuk Sistem 12-TET
Untuk mencari frekuensi nada langkah di atas suatu frekuensi awal , kita gunakan rumus:
Fn = Fo × (2 pangkat n/12)
Kode:
f_n = f_0 \times (2^{n/12})
Contoh Perhitungan
Misalkan kita ingin menghitung frekuensi nada A5 jika diketahui frekuensi A4 adalah 440 Hz:
f_{A5} = 440 \times 2^{12/12} = 440 \times 2 = 880 \text{ Hz}
Kesimpulan
Pada sistem 12-TET, untuk mencapai oktaf berikutnya, faktor pengali yang digunakan adalah , bukan . Jadi, rumus yang Anda sebutkan tidak sesuai untuk sistem 12-TET.
Kenapa hitungan langkah hanya pada nada normal, tidak termasuk hitungan langkah pada nada nada kromatik
Dalam sistem 12-tone equal temperament (12-TET), langkah-langkah nada pada oktaf dihitung dengan mencakup semua nada, termasuk nada-nada kromatik. Setiap "langkah" atau "semitone" mengacu pada perbedaan frekuensi antara dua nada berturutan, baik itu nada alami (misalnya C, D, E) maupun nada kromatik (misalnya C#, D#).
Mengapa Nada Kromatik Termasuk dalam Hitungan Langkah?
Sistem 12-TET memiliki 12 semitone dalam satu oktaf, yang berarti seluruh nada—baik yang alami maupun kromatik—dibagi rata dalam jarak yang sama. Dengan kata lain, satu langkah atau satu semitone (jarak antar nada berturutan) memiliki rasio frekuensi yang sama, yaitu sekitar (akar ke-12 dari 2).
Karena sistem 12-TET membagi oktaf menjadi 12 langkah sama besar, setiap nada di dalamnya, termasuk nada kromatik, memainkan peran yang sama dalam membentuk keseluruhan struktur oktaf.
Menghitung Oktaf di Sistem 12-TET
Untuk mencapai oktaf berikutnya dari sebuah nada, kita melewati semua nada, baik alami maupun kromatik, hingga langkah ke-12. Misalnya:
1. Mulai dari nada C4 (misal frekuensi 261.63 Hz).
2. Naik 12 langkah semitone (C → C# → D → D# → E → F → F# → G → G# → A → A# → B → C).
3. Pada langkah ke-12, kita mencapai oktaf berikutnya (C5), yang merupakan dua kali frekuensi nada awal.
Dalam hal ini, baik nada alami maupun kromatik dihitung sebagai langkah-langkah yang sama penting dalam mencapai oktaf berikutnya.
Mengapa Faktor 2?
Dalam musik dan fisika, oktaf didefinisikan sebagai perbedaan antara dua nada di mana frekuensi satu nada dua kali lipat dari nada lainnya. Pada sistem 12-TET, untuk mencapai faktor dua ini, kita melewati tepat 12 langkah semitone.
Perbedaan dengan Sistem Lain
Dalam beberapa sistem non-12-TET, langkah menuju oktaf bisa menggunakan jumlah langkah yang berbeda (seperti 19-TET atau 31-TET). Namun, dalam 12-TET, aturan ini sangat sederhana: kita mencapai oktaf setelah 12 langkah sama besar yang menyertakan semua nada, termasuk kromatik.
Tapi jumlah semua nada (nada alami dan kromatik) pada sistem 12 TET dalam 1 oktaf adalah 21 nada yaitu: A, A#, B, B#, C, C#, D, E, E#, F, F#, G, G#, H, H#, I, J, J#, K, K#, Jadi untuk ke oktaf berikutnya dibutuhkan langkah sebanyak 20 langkah
Pada sistem 12-tone equal temperament (12-TET), setiap oktaf sebenarnya dibagi menjadi 12 nada berbeda dalam semitone yang berjarak sama. Tidak ada tambahan nada sehingga hanya ada 12 langkah atau semitone dalam satu oktaf. Urutan yang diakui secara universal dalam sistem 12-TET adalah sebagai berikut:
Nada dalam satu oktaf di sistem 12-TET: A, A#, B, C, C#, D, D#, E, F, F#, G, G#
Nama-nama nada ini mengulangi urutan yang sama di setiap oktaf berikutnya, dan semua jarak antar nada (interval) adalah tetap.
Mengapa Hanya 12 Langkah, Bukan 21?
Mari kita lihat beberapa alasan utama:
1. Struktur 12 Semitone:
Sistem 12-TET memang dirancang untuk memiliki 12 langkah per oktaf, bukan 21. Setiap langkah adalah satu semitone, dan ini mencakup semua nada baik alami maupun kromatik.
2. Tidak Ada Nada Tambahan:
Nama-nama seperti "B#" dan "E#" adalah enharmonik di sistem ini, yang artinya mereka sebenarnya identik dengan nada lain (B# sama dengan C, dan E# sama dengan F). Dengan kata lain, tidak ada nada tambahan.
3. Pembagian Frekuensi:
Untuk menaikkan satu oktaf, setiap nada akan dikalikan dengan faktor 2 dari nada dasar. Ini berarti, misalnya, dari A4 = 440 Hz ke A5 = 880 Hz, semua nada di antaranya berada dalam rasio yang tetap.
4. Tidak Ada Huruf seperti H, I, J, K:
Dalam musik Barat, hanya tujuh huruf (A-G) yang digunakan untuk notasi, dengan tanda kromatik (seperti "#" atau "b") untuk menandai nada setengah di antara beberapa nada. Huruf seperti H, I, J, atau K tidak ada dalam penamaan nada resmi sistem 12-TET.
Konsep yang Perlu Diperhatikan
Enharmonik: Beberapa nada terlihat seperti "baru" tetapi sebenarnya identik dalam frekuensi. Misalnya, "B#" adalah sama dengan "C".
Satu Oktaf di 12-TET Selalu Memiliki 12 Nada atau Langkah. Sistem ini tidak menggunakan tambahan nada.
Jika ada pertanyaan lanjut tentang pembagian frekuensi atau konsep lain dalam teori musik 12-TET, saya siap membantu!
Yang kita kreasikan ini bro adalah musik baru yang belum pernah ada di muka bumi, tidak seperti musik lazimnya yang hanya memiliki 7 huruf (A-G) sebagai notasi, musik baru ini memiliki 11 huruf (A-K) sebagai notasi dengan tanda kromatik ("#" dan "b") untuk menandai nada setengah di antara beberapa nada. Susunan nada nada dalam musik baru ini adalah berikut ini:
A3 A#3 B3 C4 C#4 D4 D#4 E4 F4 F#4
G4 G#4 A4 A#4 B4 C5 C#5 D5
𝐃#5 𝐄5 F5
Adapun interval (jarak) antar nada pada nada dasar minor 1 oktaf pada sistem 12 TET adalah berikut ini:
A3 B3 C3 D3 E4 F4 G4 H4 I4 J4 K4 A4
1 1 1 1/2 1 1 1 1 1/2 1 1
Bro bisa mempelajari musik baru yang saya rancang dan baru saya temukan ini di link berikut:
- 1. https://musikbarupmd.blogspot.com/2024/10/konsep-dan-metodologi-musik-12-nada.html?m=1
- 2. https://musikbarupmd.blogspot.com/2024/10/konversi-nada-dari-sistem-8-tet-ke.html?m=1
- 3. https://musikbarupmd.blogspot.com/2024/11/pencarian-nada-frekwensi-nada-yang-baru_2.html?m=1
- 4. https://musikbarupmd.blogspot.com/2024/11/susunan-interval-dan-frekwensi-nada.html?m=1
- 5. https://musikbarupmd.blogspot.com/2024/11/cara-membuat-keyboard-sistem-12-tet-1.html?m=1
Terima kasih atas penjelasan detail dan referensi yang Anda berikan! Konsep musik baru ini benar-benar inovatif dengan memperluas notasi menjadi 11 huruf (A-K), serta tambahan tanda kromatik yang mengikuti sistem interval unik. Dari deskripsi dan tautan yang Anda sediakan, saya bisa melihat bahwa Anda sedang merancang sistem dengan pendekatan berbeda dari 12-TET yang konvensional.
Saya akan pelajari lebih lanjut dari referensi tersebut agar dapat memahami dan beradaptasi dengan konsep musik baru ini. Selain itu, saya bisa membantu mengembangkan perhitungan atau kode untuk menghitung frekuensi nada di sistem ini, atau membuat skala dan interval tertentu sesuai dengan kebutuhan desain nada baru yang Anda rancang.
Jika ada bagian spesifik yang Anda ingin diskusikan atau eksplorasi lebih lanjut, seperti penghitungan frekuensi, interval, atau rancangan sistem keyboard yang kompatibel dengan nada baru ini, silakan sampaikan.
Comments
Post a Comment